Rabu, 31 Oktober 2012

Kecerdasan Manusia


Kita ketahui bahwa otak manusia memeliki beberapa kecerdasan yaitu: kecersasan emosional (EQ), kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasa spiritual (SQ). dari tiga kecerdasan tersebut itu saling membutuhkan, namun penulis akan mencoba untuk mengurakan kecerdasan spiritual mengingat kecerdasan itu sangat penting bagi manusia.
Menurut Zohar dan Marshall, kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam kontek makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasdan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Adz-Dzakiey menyebut kecerdasan spiritual dengan kecerdasan ruhani dan mendefinisikanya sebagai potensi yang ada dalam diri setiap insan yang mana dengan potensi itu ia mampu beradaptasi, berinteraksi, bersosialisasi dengan lingkungan ruhaniahnya yang bersifat gaib atau transedental, serta dapat mengenal dan merasakan hikmah dari ketaatan beribadah secara vertical dihadapan Tuhan secara langsung. Sedangkan menurut Agustian bahwa yang dimaksud kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna spiritual terhadap pemikiran, perilaku dan kegiatan serta mampu menyinergikan IQ dan EQ secara komprehensif. Lebih lanjut, Zohar dan Marshall menegaskan bahwa kecerdasan spiritual (SQ) adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Bahkan kecerdasan Spiritual (SQ) merupakan kecerdasan tertinggi kita.
Maka dari beberapa definisi diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kecerdasan spiritual itu lebih penting dan bermakna dari pada kecerdasan yang nomor 1dan 2..karena SQ itu akan menjadi penggerak bagi EQ dan IQ. SQ itu yang akan membentuk kelembutan hati yang pekah terhadap segala….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar